√ Pengalaman Tes CPNS KEMENKUMHAM [TIPS lulus Murni] - Duduk Paling Depan

Pengalaman Tes CPNS KEMENKUMHAM [TIPS lulus Murni]

pendaftaran cpns kemenkumham
source : freepik

Update Tahun 2023

Tulisan ini sudah saya post beberapa tahun lalu, tapi biasanya kalau ada pembukaan CPNS lagi, tulisan ini saya update. Jadi pemerintah akan membuka lowongan menjadi ASN (PNS dan PPPK) mulai tanggal 17 September 2023, tak terkecuali instansi Kemenkumham.

Sedikit informasi yang bisa saya berikan, pada tahun 2023 ini Kemenkumham membuka formasi untuk CPNS sejumlah 1015 orang yang terdiri dari Penjaga Tahanan dan Dosen. Alokasi Unit Pusat dan Kantor Wilayah. 

Ada juga formasi PPPK sejumlah 1563 untuk tenaga teknis dan tenaga kesehatan dengan alokasi unit pusat.

Maka dari itu siapkan diri teman-teman untuk mendaftar formasi yang sesuai dengan jurusan dan tingkat pendidikan terakhir. 

Oke lanjut, tulisan pengalaman saya di bawah ini adalah apa yang saya laksanakan pada tahun 2012 silam. Metodenya tentu sudah berbeda dengan yang sekarang tetapi semoga masih bisa menjadi gambaran bagi teman-teman yang ingin ikut tes menjadi Polsuspas atau ASN di Kemenkumham. 

Nah, berikut pengalaman saya mengikuti seleksi CPNS Kemenkumham pada tahun 2012.

Dulu tahun 2012 pendaftarannya melalui situs online cpns.kemenumham.go.id kalau kamu klik sekarang situsnya sudah nggak aktif dan kabarnya nanti penerimaan CPNS melalui website BKN bukan lagi website kemenkumham.

Cara daftar onlinenya gampang kayak kita daftar akun facebook atau akun online lainnya dimana kita perlu masukin data pribadi seperti nama lengkap, nomor ktp, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, nama ayah, nama ibu, nama mantan :p . Pokoknya kalau kamu sudah biasa mengoperasikan komputer dan internet ini bukan hal sulit. Kalau kamu kesulitan bisa minta bantuan operator warnet ya, intinya selalu ada jalan kalau ada kemauan ye kaaan.

Selanjutnya menyiapkan berkas administrasi sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Jadi ingat baca baik-baik syarat dan ketentuannya. Contohnya ada batas umur minimal dan maksimal untuk pendaftar, ada ketentuan minimal nilai rata-rata ijazah terakhir , tidak bertatto, tidak terlibat narkoba, tidak pernah terlibat dalam kasus kriminal (dibuktikan dengan skck), dan persyaratan administratif lainnya seperti akta lahir, ijazah setiap jenjang pendidikan (fyi, tahun 2012 dibuka untuk minimal tamatan SMA seperti saya dan juga tamatan S1 untuk jurusan bahasa inggris dan hukum, nggak tahu yaa kalau nanti), SKCK, Kartu Kuning, KTP, dan diutamakan jika ada sertifikat kursus komputer. Syukurlah sekolah saya waktu di SMA 5 kota Jambi ketika lulus diberikan sertifikat tanda lulus pengoperasian software microsoft (office, word, excel, dll) Jadi saya nggak perlu ikut kursus di luar lagi. Kurang lebih  itu syarat administrasinya, hampir sama seperti yang diperlukan perusahaan dan instansi lainnya saat membuka lowongan kerja.

Seleksi tes CPNS Kemenkumham tahun 2012 waktu itu menggunakan sistem gugur di setiap tahap. Jadi kalau gugur saat tahap awal ya nggak bisa ikut tes tahapan selanjutnya. Saya ada tips agar lulus tes administrasi yang sebenarnya gampang tapi tetap aja yang gugur bisa ratusan bahkan ribuan orang saat tes dibuka. Ini dia :

1.  Pastikan nilai ijazah kamu mencapai kriteria yang diinginkan. Misal syaratnya nilai rata-rata ijazah 7,0 jadi check lagi nilai rata-rata ijazah kamu ya kalau dibawah 7,0  misalnya 6,9 ya bisa gagal juga. Untuk lulusan S1 biasanya juga ada standar minimum IPK.
2.    Pastikan bahan-bahannya lengkap. Contoh nih kalau kamu sudah ada ktp, akta lahir, ijazah, SKCK, tapi nggak ada Kartu Kuning (disebut jugaKartu pencari kerja ) ya bisa-bisa nggak lolos juga.
3.     Pastikan ada yang aslinya. Jadi jangan coba coba memanipulasi berkas mentang-mentang diawal hanya diminta fotocopynya karena ketika kamu lulus akan ada verifikasi berkas dimana kamu diminta membawa berkas-berkas aslinya untuk dicocokan. Biasanya kita datang ke kantor wilayah kemenkumham daerah masing-masing. Ada juga nih contoh kasus senior yang ikut tes bareng saya dia itu anak rantau dari medan tapi punya KTP Jambi, saat dia lulus tes adm dan untuk verifikasi dia nggak bisa menunjukkan yang asli karena ijazah aslinya ada di medan, dan sudah nggak ada waktu lagi untuk dikirim ke Jambi. Cuma gara-gara itu lho dia nggak bisa ikut ke tahap selanjutnya L
4.     Teliti dan check berulang saat akan berkas akan dikirim. Tahun 2012 berkas-berkas tersebut dikirimkan via pos. Nah tahapan ini kharus benar-benar teliti. Misal perempuan dan laki-laki mapnya beda warna, pakai amplop warna coklat, alamat ditulis di pojok kanan (atau kiri ya, lupa. Hehe). Susunan berkas di dalam map pun harus berurutan sesuai syarat yang ditullis. Misal kalau di pengumumannya nanti syarat yang dibutuhkan seperti ini. (INI CUMA CONTOH YAAAA)

 

a.      Surat permohonan  ditujukan kepada Mentri Hukum dan HAM
b.     Ijazah SD
c.      Ijazah SMP
d.     Ijazah SMA
e.      Ijazah S1
f.       Fotokopi KTP
g.     Fotokopi Akta lahir
h.     Fotokopi SKCK
i.       Fotokopi Kartu Kuning
j.       Surat keterangan berbadan sehat
k.     Surat keterangan tidak buta warna
l.       Daftar Riwayat Hidup

Nah, di dalam map nanti kamu harus susun berkasnya secara berurutan. Jadi letak surat permohonan ada di paling atas, dan Daftar Riwayat Hidup ada di paling bawah.Kenapa? Karena memudahkan petugas penyeleksinya. Biasanya mereka akan verifikasi sesuai urutan. Misal kalau nilai ijazah nggak mencukupi ketentuan, berkas bisa langsung dipisahkan nggak perlu repot-repot ngecheck berkas selanjutnya.

Jadi kalau kamu pernah ikut tes CPNS dan gagal di tahap administrasi awal padahal kamu merasa bahan-bahannya sudah lengkap mungkin ada beberapa dari poin di atas yang nggak kamu ikuti.

Oke kalau kamu sudah lulus tahap administrasi dan verifikasi berkas, kamu akan lanjut tes Kesemaptaan, semacam tes fisik dan kesehatan. Jaman saya tahun 2012 ada 1000 lebih peserta yang masuk ke tahap ini. Saya diharuskan memakai pakaian dan sepatu olahraga. Oh ya waktu itu saya Cuma pakai baju olahraga jaman SMA dan pakai sneaker  buat kuliah, bukan sepatu olahraga yang buat lari gitu hahaha. Jangan dicontoh ya kalau kamu ada sepatu olahraga itu lebih bagus.

Seingat saya kami awalnya di check tinggi badan, berat badan, tensi darah, tes buta warna lagi (padahal saat tes administrasi sudah dilampirkan surat keterangan tidak buta warna), dan yang paling keki bagi saya waktu itu check untuk membuktikan bahwa peserta tidak bertatto. Kenapa saya keki? Karena mesti buka baju luar dalam ._.” , tenang yaa yang periksa wanita ya petugas wanita juga, dan sebaliknya. Karena peserta banyak kalau perempuan sekali periksa dalam ruangan tertutup itu dua peserta. Walau sama-sama perempuan agak gimana gitu yaa, hihi. Nah cerita teman cowok saya yang juga ikutan , mereka malah rame-rame dalam satu ruangan. Saya ngakak ngebayangin gimana mungkin mereka sempet lihat-lihatan, mhuahaha. *oke, jangan gagal fokus*. Tapi tenang aja karena check tattonya cuma sebentar, nggak sampai semenit yang penting nggak ada tatto, beres dah.

Setelah ada perasaan dingin dingin sejuk *eh , saya dan beberapa puluh orang lainnya diajak pemanasan sama petugas penyeleksi karena selanjutnya kami tes lari 1200 meter untuk perempuan dan 1600 meter untuk laki-laki dalam waktu 12 menit. Tesnya based on gender deh waktu itu karena memang beda ya kemampuan perempuan dan laki-laki.

Lapangan yang digunakan adalah lapangan korem di sungai kambang, kota Jambi. Lapangannya kecil, satu putaran hanya 300 meter. Jadi untuk mencapai target kita butuh  minimal empat putaran, lebih malah bagus. Hasilnya saya rata-rata peserta cewek sih dapat lima putaran lebih itupun sudah semaput rasanya bagi saya yang nggak biasa olahraga. Untungnya setiap tes dari lari ke sit up misalnya kami diberi waktu untuk istirahat 5-10 menit dan dikasih minum pula. Jadi sedikit banyak bisa ngumpulin energi lagi. Saya pernah ikut tes lainnya waktu SMA dan saat tes fisik nggak ada jeda dari lari ke sit up, push up, shuttle run, dan itu bikin saya kayak ikan dalam kolam nggak ada airnya, megap-megap.

Untuk sit up untungnya saya sudah biasa melakukannya dengan alasan pengen perut rata, hihi. Jadi skor saya waktu itu lumayan banget lah. Kalau push up ini yang saya nggak biasa dan saat tes itu juga saya baru tahu kalau push up cewek dan cowok itu beda, wkwk dodol banget lah. Kalian jangan sampai begitu ya, kalau memang belum tahu ya googling lah supaya nggak malu-maluin kayak saya.

Setelah push up ada lari angka 8, lari mengelilingi dua tiang membentuk angka 8 secepat yang kita bisa. Lagi-lagi saya standar peserta cewek, kalau nggak salah dapat 1 menit berapa detik gitu, lupa. Nah itu aja sih tahap tes kesemaptaannya, pulang-pulang saya minta mampir ke tempat makan dengan ayah saya. Yah aji mumpunglah setelah beliau lihat anaknya ini ngos-ngosan. Buat kamu yang biasa olahraga ini lebih ringan dibanding tes akpol, atau akmil. Tapi bagi saya yang bisanya Cuma olahraga monopoli, tes fisiknya menguras tenaga banget deh.

Kurang lebih sebulan kemudian, ternyata saya dinyatakan lulus tes kesemaptaan. Dari 1000 lebih peserta sebelumnya ada ratusan yang gugur sehingga kurang lebih sekitar 690 peserta yang masuk ke tahap selanjutnya, tes tertulis.

Tes tertulis waktu ada sekitar 200 soal dalam bentuk pilihan ganda yang harus dikerjakan dalam kurun waktu 150 menit. Kategorinya ada tes psikologi, bahasa inggris, bahasa indonesia, matematika, pengetahuan umum dan sejarah. Untuk bahasa inggris dan bahasa Indonesia model soalnya kebanyakan berbentuk teks, mirip soal Ujian Nasional lah jadi banyak-banyak latihan soal aja. Tips dari saya adalah : baca dulu pertanyaannya baru kemudian teksnya. Karena teks yang panjang itu biasanya yang ditanya cuma nama tokohnya, atau tahun peristiwa kejadian, kalau kita baca teksnya dulu, itu sangat memakan waktu.

Kalau soal matematikanya kebetulan saya waktu itu kuliah di jurusan pendidikan Matematika Semester tiga (setelah lulus tes cpns saya nggak lanjutin). Dibandingkan soal-soal ujian semester saya saat kuliah, soal-soal CPNS ini jauh lebih mudah. Bukannya sombong, tapi yang pernah kuliah di jurusan matematika pasti paham deh rumitnya ngerjain aljabar, kalkulus, trigonometri. Nah kalau soal CPNS ini setara dengan soal-soal kelas XII SMA. Ada deret, aljabar tapi yang subtitusi aja, peluang, dll. Pokoknya lagi-lagi modal soalnya mirip Ujian Nasional SMA.

Untuk soal tes psikologi nah ini saya nggak punya tips khusus, karena saya jawab sejujurnya aja. Model pertanyaannya mencerminkan perilaku dalam keseharian kita dan bagaimana kita di lingkungan kerja nanti.

Contoh :
 Jika waktu jam istirahat kerja, apakah yang akan anda lakukan?
  a.      Melanjutkan pekerjaan yang belum selesai
b.     Membantu pekerjaan teman yang belum selesai
c.      Pergi keluar untuk makan siang
d.     ....(lupa)
Nah idealnya kalian jawab apa? Kalau mau dinilai rajin banget bisa pilih yang A, tapi sebenarnya itu salah. Pilihlah yang C. Karena tes seperti ini menilai kita untuk realistis bukan peres atau carmuk, hihi. Kalau jam istirahat ya istirahat lah, nggak perlu sok melanjutkan pekerjaan (kecuali kalau ada deadline, hihi).

Pokoknya gambaran tes psikologinya begitu deh, tinggal jawab jujur aja.

Berikutnya soal sejarah, untuk yang satu ini saya pun lemah. Dari jaman sekolah saya nggak suka sejarah karena saya orangnya nggak suka mengenang masa lalu gitu :P.

Tapi entah memang rejeki saya atau gimana, jadi dulu sehari sebelum tes saya googling aja contoh-contoh soal tes cpns kemenkumham. Ada banyak referensi dari tahun-tahun sebelumnya, saya nggak tahu itu resmi atau nggak tapi saya download aja, saya baca-baca. Contoh-contoh soalnya lengkap dengan jawabannya jadi saya nggak perlu repot-repot lagi.

Alhamdulillahnya ada banyak soal yang mirip dan persis ketika saya tes. Misalnya tentang sejarah kemerdekaan, bendera pusaka, tentang pahlawan nasional, jadi saat tes saya kaget dan senyum-senyum lah ini kok mirip banget dengan contoh soal yang saya baca. Meski nggak semua soal sama, tapi lumayan membantu.

Dari 200 soal ada juga kok sekitar 30an soal yang saya jawab random aja karena benar-benar nggak tahu. Oh ya kalian baca dulu ya di lembar soal atau jawabannya jika nggak ada ketentuan bahwa menjawab salah, skor akan dikurangi, ya isi aja semuanya walau ada yang ngasal siapa tahu keberuntungan berpihak dan yang kita isi ngasal ternyata benar, hahaha. Tapi sebaliknya kalau ada ketentuan menjawab salah maka skor akan dikurangi, lebih baik menjawab soal-soal yang kamu yakin benar saja.

baca juga : Sistem Kerja Polsuspas

Tips lainnya, bawa peralatan tulis yang lengkap. Pensil harus lebih dari satu, karena nggak ada waktu untuk pinjam ke teman sebelah. Bayangin soal ada 200, waktu 150 menit, berarti untuk setiap soal kita harus menjawab kurang dari satu menit padahal kita butuh waktu untuk menulis data nama, membaca soal dan berpikir (kalau matematika butuh dihitung-hitung malah). Terus jangan lupa sarapan, mikir itu butuh tenaga bro. Tapi jangan sarapan kebanyakan atau yang pedas-pedas nanti ditengah-tengah ujian malah mules, hihi. Bawa tisu untuk lap keringat kalau grogi atau tempat ujiannya panas. Pastikan ngebuletin lembar jawabannya rapih, hitam. Pastikan lembar jawaban jangan terlipat, jangan robek, jangan kotor.

Nah pas mau ninggalin tempat ujian, taruh lembar jawaban di bawah lembaran soal. Karena dulu saya tesnya di tempat terbuka (stadion).  Supaya lembar jawaban nggak terbang dan terinjak, saya taruh dibawah lembaran soal.

Selebihnya tinggal berdo’a deh.

Jaman saya tahun 2012 beberapa minggu setelah tes, nilai bisa dilihat di situs Menpan dengan cara memasukkan nomor peserta tes. Hanya saja nilai yang bisa dilihat adalah nilai sendiri bukan nilai keseluruhan peserta. Tapi nggak habis akal, saya masukkin aja semua nomor tes peserta (ada di daftar kelulusan sebelumnya) berulang sebanyak kurang lebih 690 kali. Iyaaa segitu niatnya, dan saya list sendiri daftar nilainya.

Dari list itu saya masuk 10 besar nilai tertinggi.

Oh ya, just for your information : waktu itu untuk formasi lulusan SMA sederajat, petugas penjagaan laki-laki yang paling dibutuhkan. Sehingga ada teman saya yang perempuan nilainya tinggi tapi nggak lulus karena kuota untuk perempuan waktu itu ternyata hanya lima orang. Jadi memang yang perempuan agak perlu berjuang kalau mau lulus berarti nilainya harus  masuk lima besar. 


Fiuuh panjang juga ya, itu sekelumit pengalaman saya ketika mengikuti tes CPNS KEMENKUMHAM tahun 2012. Demikian ceritanya semoga bisa menjadi gambaran dan motivasi bagi teman-teman yang mau ikut seleksi tahun ini.


Note : Makasih banyak yang sudah email dan dm IG @dudukpalingdepan bilang makasih kalau blog ini membantu kalian dalam tahapan seleksi CPNS Kemenkumham, bahkan banyak juga yang ngabarin kalau mereka lulus. Saya turut senang mendengarnya. Semoga dapat terus menjalankan amanah dengan baik hingga kelak masa purna bakti.

Get notifications from this blog

240 comments

  1. Denger denger polsuspas ada pembukaan tahun ini mba.apakah bener tu?pengen jg deh jadu polsuspas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tahu juga, ntar kalau ada dishare disini ya. ^^

      Delete
    2. Saat seleksi cek kesehatan gigi dan mata minus ada? Kalau sda syaratnya sprti apa saja?

      Delete
    3. Saat seleksi, ada cek kesehatan gigi dan mata minus? Kalo ada standarnya seprti apa

      Delete
  2. Saya entah kenapa ngak niat jadi PNS hehehe, tapi nanti saya share ke temen deh mbak infonya. Thanks for sharing ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba gpp, setiap orang kan punya passionnya masing-masing. makasih juga sudah mampir ^_^

      Delete
  3. mbak apa tahun ini pasti ada pembukaan polsuspas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak bisa jawab pasti, kalau ada akan dishare disini ^^

      Delete
  4. Makasih ya mba untuk sharing nya :)

    ReplyDelete
  5. Ternyata kita angkatan 2012... ����
    Aku di Jogja. Sampean di mana?

    ReplyDelete
  6. Maaf mau tanya itu rata-rata nilai kan 7,0 ,itu kan rata rata dari keseluruhan ya? Apa nilai tiap mapel harus 7 ?terinakasih

    ReplyDelete
  7. Maaf nilai rata-rata kan 7,0 itu nilai rata-rata keseluruhan atau nilai rata rata tiap mapel?

    ReplyDelete
  8. Maaf nilai rata-rata kan 7,0 itu nilai rata-rata keseluruhan atau nilai rata rata tiap mapel?

    ReplyDelete
  9. Mbak, kalo buta warna gimana? Masih bisa di toleransi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya persyaratan administrasi wajib ada surat keterangan tidak buta warna, kalau satu berkas saja kurang (tidak dilampirkan) ya bisa gagal. Jadi nanti lihat syaratnya aja, kalau nggak diminta surat keterangan tersebut silahkan dicoba :)

      Delete
    2. Mba apakah tidak ada untuk toleransi tinggi badan ?
      Jika akademiknya dikatakan mampu, atau sudah dikategorikan baik ?

      Delete
  10. Mbak apakah untuk s1 ada tes medical check up, kayak buta warna gitu ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. persyarat lengkap bisa baca di blog saya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  11. Mbak saya mau tanya, kan saya ktp sumatra, bisa gak ya coba nya di jakarta ?, soalnya saya sekarang tinggal di jakarta.

    ReplyDelete
  12. Mbak, mau tanya kalau ktp sumatra coba di jakarta bisa gak ya mabk

    ReplyDelete
  13. Mbak mau tanya, kalau ktp sumatra coba di jakarta bisa gak ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, persyarat lengkap bisa baca di blog saya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  14. Kalau dari smk bisa dftar engk ya mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisannya DLTA sederajat, coba aja. baca yang ini juga ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html

      Delete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Cara dapetin surat pengoperasian komp itu gmn ya kak? Dari sekola g dapet, pdhal uda bisa... Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gini, kamu ke lembaga kursus komputer bilang kamu butuh sertifikat untuk ngelamar cpns minta pengajar disana untuk tes kamu. ^^

      Delete
  17. Kak mau tanya dong cara ngitung nilai rata2 7,0 di nilai ijasah gmna ya? Kan soalnya di syrat harus nilai 7,0 cara ngitung nya gmna ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jumlahkan nilai semua mata pelajaran dibagi jumlah mata pelajaran.
      tapi biasanya di ijazah sudah ada nilai rata-ratanya

      Delete
  18. Saya mau nanya buat berkacamata boleh ikut? Soalnya dipersyaratan ndak ada ditulis. Waktu mbak e tes apa ada yg berkacamata?

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Nilai ijazah 7,0 hanya nilai UN saja atau SKL (SKHU) juga mbak?

    ReplyDelete
  21. Nilai ijazah 7,0 hanya nilai UN saja atau SKL (SKHU) juga mbak?

    ReplyDelete
  22. mba, apakah ada pemeriksaan gigi? dan bagaimana kalo berat sama tinggi badan tidak ideal, berat saya 54 dan tinggi 190 cm, jauh banget dari kata ideal heheh

    ReplyDelete
  23. mba apakah ada pemeriksaan gigi? dan bagaimana jika Tinggi dan berat badan tidak ideal? tinggi saya 190cm dan berat 54kg. jauh banget dari kata ideal hehe, mohon jawaban nya mba

    ReplyDelete
  24. mba ada pemeriksaan gigi ngga? dan bagaimana dengan tinggi dan berat badan yg tidak ideal, tinggi saya 190c dan berat 54kg. jauh banget dari kata ideal heheh mohon jawabannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw tinggi banget, makan yang banyak aja masih ada waktu atau susu penggemuk, kan?
      pertanyaan lainnya sudah terjawab disini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  25. Terima kasih kak atas infonya,
    Kak keseharian kerja jadi sipir itu lebih banyak mengoperasikan komputer Ndak ya? Thks

    ReplyDelete
  26. Terima kasih atas infonya kak,
    Mau tanya, kerja jadi sipir itu lebih banyak mengoperasikan komputer Ndak kak? Thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/sistem-kerja-polsuspas.html?showComment=1499961195773#c1003944877845398054

      Delete
  27. kak apakah bener ga ada toleransi nilai gtu?
    Sperti yang diminta rata" harus 7,0 sedang nilai calon hanya 6,6 misalnya gtu trus nanti waktu tes udah jelas ga lolos gtu kah? Wlau pun si calon punya seabreg sertifikat pendukung lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana ya, tidak bermaksud mematahkan semangat di awal. Tapi biasanya yang lulus yang hanya memenuhi standar kriteria yang diminta. Tapi kalau mau coba, coba aja siapa tahu memang rejeki

      Delete
    2. mbak tes pengamatan fisik dan keterampila itu gmna ya?? dan saya ga punya sertifikat komputer, tapi saya punya sertifikat keterampilan otomotif, apa bisa di gunakan ?

      Delete
    3. Oke kak, makasih atas jawabannya.

      Delete
  28. Mbak, sya mau tanya. Utk jabatan pemeriksaan keimigrasian syarat nya utk wanita hrus memiliki tinggi minimal 158 cm, sdangkan tinggi sya hanya 155cm. Apa ketika seleksi administrasi sya tdk diterima jika sya memilih jabatan itu ? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak bisa bilang lulus atau nggak lulus tapi kalau dilihat lagi syarat s1 nggak diminta surat keterangan berbadan sehat yang ada biodata tinggi dan berat badannya ya. Kalau mau dicoba saja, mohon maaf sya ikut tes jalur sma nggak berpengalaman untuk yang bagian s1

      Delete
  29. Assalamu'alaikum, kak mau nanya dulu kakak sebelumnya pernah kuliah?
    Kenapa ga dilanjutkan lagi kak kuliahnya sambil bekerja? Apa waktunya tidak memungkinkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya waktunya tabrakan, tapi sekarang saya kuliah lagi di Universitas Terbuka waktunya lebih fleksibel

      Delete
  30. mba, boleh tau gak referensi soal cpns kemenkumham alamat web nya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya juga nggak tahu dulu saya random aja ngegoogling

      Delete
  31. Mbak , saya punya mata minus -5 , masih boleh tidak?

    ReplyDelete
  32. mbak... kuliah di UT ambil jurusan apa?
    apakah kesetaraan jabatan nanti jurusan yang kita pilih sdh ditentukan? contohnya matematika.. apakah bs dgunakan utk kesetaraan jabatan?
    mhon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jurusan hukum. Nanti penyesuaian ijazah yang dilihat bukan jurusannya, tapi gelarnya. Sejauh ini selain kesehatan, gelar apapun bisa penyesuaian ijazah sepengalaman senior ya, soalnya saya juga belum penyesuaian

      Delete
  33. Mba, saya mau nanya kalo sertifikat komputer itu di lampirkannya foto copy atau yang asli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotokopi, nanti bawa yang asli kalau sudah lulus bahan untuk verifikasi

      Delete
  34. Mba, saya mau nanya kalo sertifikat komputer di lampirkan nya yang asli atau foto copy? Makasih mba

    ReplyDelete
  35. Pengumuman penerimaan dilakukan melalui website pada tgl 11juli 2017.

    Itu maksudnya pengumuman apa ya ka?
    Pdhl pendaftaran onlinenya tgl 1agustus kan?

    ReplyDelete
  36. mb mau tanya. di lampiran pengmuman tertera jurusan sosial politik. nah setau saya dan teman2 yg lain, ga ada itu jurusan sosial politik, yg ada fakultas ilmu sosial ilmu politik. jadi bagaimana itu mb ? yg bener yg mana ? jurusan kah atau fakultas kah ???
    sangat membantu mb kalo bisa kasih jawaban. soalnya ini juga lagi anget di obrolin. makasih sebelumnya mb :)

    ReplyDelete
  37. mb saya mau nanya. di lampiran pengumuman tertulis jurusan sosial politik, nah setau saya dan teman2 saya ga ada jurusan sosial politik mb, yg ada fakultas ilmu sosial ilmu politik. jadi gimana itu mb? yg bener jurusan kah ato fakultasss???
    sangat membantu mb kalo mb bisa jawab soalnya ini juga lagi rame di omongin. makasih sebelumnya mb. hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya nggak tahu karena saya masuk dari lulusan SMA jadi nggak punya pengalaman. Coba ke twitter @kemenkumham_RI yaaa

      Delete
  38. Emang habis lulus tes ada pendidikanya juga kah kaya Polisi atau TNI??? kalau ada kira kira berapa lama??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, pendidikan samapta baca disini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2015/04/rasa-nano-nano-diklat-kesemaptaan-2015.html

      prajabatan baca disini http://www.dudukpalingdepan.com/2013/10/22-hari-penuh-cerita-prajabatan-cpns.html

      Delete
  39. Assalamualaikum mbak. Salam kenal.

    Tahun 2012 kemarin saya juga ikut tes seperti mbak dan waktu itu saya juga masih kuliah semester 3, tapi sayangnya rejeki saya belum sebagus mbak.

    Insyaallah tahun ini mau coba lagi. Masih dengan ijazah yang sama, pakai ijazah SMA. Ijazah S1 disimpan dulu untuk penyesuaian nanti (Aamiin). Semoga rejekinya beda saat melamar dengan status mahasiswa dulu dengan sekarang yang sudah selesai kuliah, tapi tetap memakai ijazah yang sama.

    Salam dari Pekanbaru. Pemasyarakatan PASTI dan SMART!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, kalau sudah pernah tes keuntungannya sudah tahu situasi dan bisa evaluasi kekurangan dari tes yang lalu. Good luck mas Raja, ditunggu di keluarga besar kemenkumham

      Delete
  40. Mbak saya lagi hamil nih?bisa kan ya mbak?trus tes smapta x apa disamakan sama yg tidak hamil

    ReplyDelete
  41. mbak untuk daftar riwayat hidup itu pake format BKN atau biasa aja? (terserah) gitu? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun ini kalau lulusan SMA nggak ada diminta bikin DRH deh, atau saya yang salah check ulang persyaratannya ya

      Delete
  42. ka, kita boleh ngelampirin berkas lain diluar berkas persyaratan gaksih? kaya surat keterangan kerja gitu misalnya. mohon dijawab ya ka. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah. ikutin sesuai persyaratan aja ya

      Delete
    2. Makasih info sangat membentu.kak maaf numpang tanya juga. berarti berkas yg dikirim via pos itu pokoknya harus sesuai syarat tertulis ya kak? Misal kartu kuning (kartu pencari kerja) itu disyarat tdk trtulis hrs melampirkan. Apakah sebaiknya dilampirkan atau tdk? (Karna dr info sblmnya krtu kuning ituwajib utk cpns. Terimakasih

      Delete
    3. iya benar , ikuti sesuai persyaratan tahun ini ya karena aturan tiap pembukaan pasti berbeda.

      Delete
  43. assalamualaikum. mbak untuk pemberkasan seperti sertifikat komputer itu hanya photocopyan saja yang dilampirkan atau yang asli. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotokopi saja, nanti yang asli diminta untuk verifikasi kalau luls bahan

      Delete
    2. assalamualaikum mbk untuk sertikat komputer nya di lampirkan di map terus di surat lamarn ditambhakan gak format tulisannya ??

      Delete
    3. assalamualaikum mbk sertifikat di masukan ke map terus di tambahkan point gk mbk di suarat lamaran terimah kasih

      Delete
  44. assalamualaikum, mba untuk tes pengamatan fisik dan ketrampilan itu meliputi apa saja ya?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf jaman saya nggak ada tes ketrampilan jd ga bisa share pengalaman kalau lulus ke tahap itu nanti panitia akan infokan rinciannya.

      Delete
  45. Hallo, senang baca tulisan anda.
    Saya ingin bertanya, semisal sy mendaftar lewat jalur SMA, pas dicheck kesehatan. Sy punya alergi dan berbekas di kaki. Apa itu bisa berpengaruh untuk tidak lolos? Karena dulu saya prnh daftar mnjd polwan sblm tes sy dngr2 kata org diperiksa seluruh badan, dari situ saya langsung tidak berani dtg tes kesehatan krna ada bekas di betis

    ReplyDelete
  46. Thanks infonya mbak, semoga bisa lulus juga saya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, good luck! try your best and pray hard :)

      Delete
  47. Maaf mau nanya apakah Sipir bawa senjata api?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak dibawa2, tapi di setiap pos jaga ad senpi untuk keadaan darurat.

      Delete
  48. klo tes pengamatan fisik dan keterampilan itu bagaimana ya mba? klo misal keterampilan bisa komputer atau menyetir boleh di tunjukan..makasi

    ReplyDelete
  49. klo tes pemgamatan fisik dan keterampilan itu bagaimana ya mba? terimakasih

    ReplyDelete
  50. kalo tes pengamatan fifik dan keterampilan itu bagaimana ya mba? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman saya nggak ada tes ketrampilan jadi nggak bisa share pengalaman yaa, biasanya nanti kalau lulus ke tahap itu panitia akan infokan rinciannya. fokus tes bahan dulu karena ini sistem gugur

      Delete
  51. Mbak untuk sertifikat komputer apakah harus yg terbaru?? Soalnya saya kursus sudah thn 2014 kmaren apakah sertifikatnya masih bisa dipakai untuk mendaftar?? Mohon dijawab yaa mb.. Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum kak
    Mau nanya kak,
    persyaratannya harus dikirim melalui pos itu yg mana kak? Kan di pengumumannya itu ada persyaratan umum dan dokumen persyaratan, jdi persyaratan umumnya atau dokumen persyaratannya yg dikirim melalui pos?

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum kak
    Mau nanya kak,
    persyaratan nya yg harus dikirim melalui pos itu yg mana kak? Di pengumumannya kan ada persyaratan umum dan dokumen persyaratan, jdi yg harus di kirim melalui pos persyaratan umumnya atau dokumen persyaratannya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokumen persyaratan, yang diupload itu yang dikirim ditambah seritifkat komputer

      Delete
  54. mbak klw pake gigi palsu masih bisa lulus gak ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa karena nggak ada check gigi, selebihnya silahkan baca di http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  55. Mbak untuk formasi Lulusan S1 cpns kemenkumham tahun 2017 ini.. bagaimana jika kondisi peserta sedang hamil? Apa diperbolehkan ikit tes cpns kemenkumham? apalagi kalo lihat tes kesamaptaannya sperti itu ngeri juga kalo pas hamil..Apakah sebelumnya pernah ada peserta juga lolos tes meskipun saat sedang hamil? Kebetulan sy hamil 5 bulan saat ini tp ingin banget ikut cpns kemenkumham.

    & apakah ijasah yg dilampirkan mulai dr SD, SMP, SMK, & KULIAH? atau cukup ijazah terakhir saja?

    Makasih banyak sebelumnya mbak informasinya.. benar2 sangat menginspirasi. 😊👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. s1 nggak apa mba Lilis, nggak ada tes fisik.

      coba baca disini syaratnya ya saya nggak teliti kalau untuk lulusan S1.
      http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/persyaratan-tes-cpns-kemenkumham-2017.html
      terimakasih sudah baca mba,s ehat2 ya dedek dan ibunya :)

      Delete
  56. Maaf izin tanya mbak kalau mata kanan minus satu dan yg kiri normal gimana ya mbak ?
    Terimakasih blognya Sangat bermanfaat mbak 😊.

    ReplyDelete
    Replies
    1. minus nggak apa, silahkan baca disini ya http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
  57. klo buta warna parsial bisa lulus ggk mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, tahun ini nggak diminta surat ket buta warna jadi bisa saja, good luck

      Delete
  58. mba di KTP saya kan tertulis belum kawin, tapi saya sudah menikah..apakah itu mempengaruhi tes administrasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg mau tanya hal itu mbaa.. boleh tidak?? KTP saya tertulis belum kawin tetapi saya sudah menikah.. apakah berpengaruh?

      Delete
    2. ubah aja di dukcapil, sebentar kok mas.

      Delete
    3. sama ni ane juga gitu, belum ubah ktp.
      urus ktp susah banget sekarang, belangkonya lagi kosong katanya...
      email saya plis jay_elsyakir@yahoo.com

      Delete
  59. saya mau tanya, klo sertifikat kursus komputer apakah sama dengan sertfikat sertikasi komputer mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, isinya keterangan bahwa kamu bisa mengoperasikan sistem komputer kan?

      Delete
  60. Terimaksih telah berbagi pengalaman. Slm knl sesama blogger jambi :).
    Ad niatan jg nih ikut seleksi cpns 2017. Kali aja lulus dan jadi sipir blogger kayak mbak :D

    ReplyDelete
  61. Thanks ya mba untuk informasinya. Bermanfaat banget...;))))

    ReplyDelete
  62. Mba jadi sipir buat cowok rambut boleh panjang?

    ReplyDelete
  63. Mba sy mau tnya kalau tidak ada sertifikat komuoter masih bisakah lolos selesi administrasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang menentukan panitia ya, tapi kalau berkas lengkap termasuk ada sertifikat komputer ya insyaAllah pasti lolos

      Delete
    2. Mbak saya mau bertanya kalau sertifikat komputer itu yang dilampirkan yang asli atau fotokopi saja dan apa perlu ijazah dan transkrip nilai dilegalisir juga? Ini sesuai pengalaman yang mbak alami pada saat kirim dokumen. Terima kasih ...

      Delete
  64. Assalamu'alaikum
    Mbak mau tanya, kalau tinggi badan kurang dari 155cm untuk wanita, apa sangat mempengaruhi seleksi pengukuran tinggi badan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, iya karena akan diukur langsung oleh panitia saat tes fisik

      Delete
  65. Mbak bisa bagi soal latihan tesnya? Ini email saya nsgunawan99@gmail.com

    Makasih ya mbak:)

    ReplyDelete
  66. Mbak saya mau bertanya,
    Apakah Surat Keterangan Bebas Narkoba perlu dilampirkan di awal pengiriman pemberkasan?
    Di persyaratan pelamaran tidak disebutkan SKCK, berarti SKCK tidak perlu dilampirkan kan mbak?
    Mohon infonya mbak, tks.

    ReplyDelete
  67. Mbak apa aja sih yang dikerjakan sipir

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/sistem-kerja-polsuspas.html

      Delete
  68. Assalamualaikum
    Mba, mau minta sarannya nih, aku punya ijasah d3 pajak, tapi 2017 ini untuk d3 pajaknya ga ada, ada nya s1.
    Aku mending pake ijasah SMA atau pake ijasah d3 walau ga sesuai jurusan?

    ReplyDelete
  69. Mba, pada saat verifikasi ijazah asli, apakah yang diverifikasi itu ijazah asli dari SD, SMP, Sampai SMA? Atau hanya ijazah terakhir aja( SMA)?? Mohon balasannya. Trims

    ReplyDelete
  70. Assalamualaikum mba, saya ingin tanya, ketika kita lulus PNS pas SLTA, kan bagian penjaga, Terus kalo kita lanjut kuliah ambil administrasi, apakah jabatan nya akan pindah ke bagian kantor?
    Ihsan, Palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tapi ada prosedurnya, kalau sudah masuk nanti pasti ngerti fokus tes bahan dlu karena ini sistem gugur

      Delete
  71. Kalo kita lulus pns slta terus kita lanjut kuliah S1, Apakah jabatannya akan pindah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tapi ada prosedurnya, kalau sudah masuk nanti pasti ngerti fokus tes bahan dlu karena ini sistem gugur

      Delete
  72. Hi mba.. tulisannya membantu sekali. saya mau tanya.. kalo kita lulus, apakah penempatannya sesuai domisili atau ke daerah lain? Terima kasih

    ReplyDelete
  73. mohon ijin mbak...apakah di tes kesehatan jika memakai kacamata berpengaruh ?karena sy minus 3...dan apakah ada juga semcam pemeriksaan gigi?karena ada yang sudah sy cabut..terima kasih,,,..sukses untuk jenengan :)maaf jika pertanyaan sy aneh hehe

    ReplyDelete
  74. mbk sya bs pki komputer. saya sedang kuliah jurusn ilmu komputer. smmster 4. apakah hrus melmpirkan srtfkat jg. tp sya g' pnya mbk

    ReplyDelete
  75. bagi yg lulusan smk jurusan teknik komputer dan jaringan apakah mesti melampirkan sertifikat komputer? dan kalau sertifikat uji komp apa bisa diterima?

    ReplyDelete
  76. bagi lulusan smk jurusan teknik komputer dan jaringan apakah mesti harus lampirkan sertifikat komputer? , dan kalau sertifikat uji komp apkah bisa di terima?

    ReplyDelete
  77. Ka bisa share soal soal latihan dulu Kaka buat tes ini ka

    ReplyDelete
  78. Mohon pencerahannya mbk,,, nilai rata2 7,0 itu ijasah SD,SMP,SMA, atau hanya SMA sj

    ReplyDelete
  79. Mau tanya mbk,,, nilai rata2 itu apakah semua ijazah dari SD sampai SMAatau hanya SMAsj

    ReplyDelete
  80. Mau tanya mbk,,, nilai rata-rata itu di lihat dari ijasah SD sampai SMA atau hanya SMA sj

    ReplyDelete
  81. Trimakasih mbak..
    Sangat membantu sekali sharenya.
    Mbak.. kalau sayakan S1 Pendidikan Ekonomi, gimana mbak..? Memungkinkan kah untuk daftar dengan ijazah terakhir trsebut?

    ReplyDelete
  82. Trimakasih mbak..
    Sangat membantu sekali sharenya.
    Mbak.. kalau sayakan S1 Pendidikan Ekonomi, gimana mbak..? Memungkinkan kah untuk daftar dengan ijazah terakhir trsebut?

    ReplyDelete
  83. Makasi mbak informasi nya, sangat membantu..

    Mbak, saya kan Lulusan S1 Pendidikan ekonomi.
    Gimana mbak, kira kira saya daftar dengan ijazah terakhir kah dengan status Pendidikan itu mbak?
    Mhon penjelasan mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada untuk sarjana pendidikan kalau mau yang dari sma ya

      Delete
  84. Mbak mau nanya, bgaimna ya mencari nilai ijazah. Apakah cma komponen nilai UN , atau nilai un+ nilai ujian sekolah. Mhn bantuanny mbak. Trmkasih

    ReplyDelete
  85. Mbak. Mencari nilai ijzah gmn crnya ya. Apakah yang dmaksd nilai UN, atau nilai un ditmbah nilai ujian seklah dibagi 2 mbak. Mhn bantuanny mbak. Terimkasih.

    ReplyDelete
  86. Makasi mbak informasi nya, sangat membantu..

    Mbak, saya kan Lulusan S1 Pendidikan ekonomi.
    Gimana mbak, kira kira saya daftar dengan ijazah terakhir kah dengan status Pendidikan itu mbak?
    Mhon penjelasan mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada untuk jurusan pendidikan mba, kalau mau dari sma

      Delete
  87. Mbak. Nilai ijzah yang dimaksud apakah nilai UN atau nilai UN ditmbah nilai ujian sekolah dibagi 2 mbak. Mhn pencerahanny. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambil nilai yang diijazah saja, kalau ada un ambil yang un

      Delete
  88. Mb saya punya seritifakt komputer,
    Tapi waktu sma saya kejuruan akuntasi ada seritikat komputer apa bisa di pake

    ReplyDelete
  89. Halokaaa, aku mau tanya dong di tes kesemaptaan nanti kalo mata minus itu boleh gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disni http://www.dudukpalingdepan.com/2017/07/question-dan-answer-terkait-pembukaan.html

      Delete
    2. Iya aku udah baca blog kaka yg itu. Tapi minus mata ku udah 4,5 ka hehehe kira kira peluangnya jadi lebih kecil ya ka?

      Delete
    3. Ka maaf aku mau tanya lagi hehe aku udah baca sih sebenernya cuma agak bingung. Format untuk upload berkas nya itu kan pdf nah kalo untuk foto itu pdf juga atau jpg? Mohon di jawab ka kalau sempat. Makasih

      Delete
    4. s1 ya? formatnya pdf juga. sma nggak perlu upload berkas ya

      Delete
    5. Slta ka. Maaf aku baru baca kemarin di twitter sebab pas tahun kaka itukan harus upload juga.
      Makasih ka, blognya membantu dan menginspirasi.jgn bosen bosen nge blog ka biar tambah bermanfaat blognya.
      Aku suka tulisannya :)

      Delete
  90. Halo kaa, aku mau tanya apa upload persyaratan harus berbarengan dengan daftar online? Soalnya aku udah daftar skrg mau upload persyaratan tapi tidak bisa.

    ReplyDelete
  91. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  92. Min mau tanya. Kl SLTA kan tes dan seleksinya di kantor wilayah ya, ko yang S1 di jakarta min.
    Terus saya yang domisili di kalteng, dan berniat masuk di kemenhumham kalteng berarti harus ke jakarta untuk mengikuti tes dan seleksi disana min?

    ReplyDelete
  93. Min saya mau tanya. Kl SLTA kan tes dan seleksinya di kantor wilayahmasing -masing. Nah kl S1 masa di jakarta min. Berati kaya saya yg domisili di kalteng dan berniat masuk ke kemenhumham kalteng harus ke jakarta untuk ikut tes dan seleksi disana min?

    ReplyDelete
  94. Min saya mau tanya. Kl SLTA kan tes dan seleksinya di kantor wilayahmasing -masing. Nah kl S1 masa di jakarta min. Berati kaya saya yg domisili di kalteng dan berniat masuk ke kemenhumham kalteng harus ke jakarta untuk ikut tes dan seleksi disana min?

    ReplyDelete
  95. Apakah berat badan jg pengaruh mbak.. Saya tingginya 155cm tp bb nya 60..kira2 bisa lolos ga ya..

    ReplyDelete
  96. Kalo berat badan pengaruh ga mbak.. Saya tinggi 155cm..bb 60kg bisa lolos ga ya

    ReplyDelete
  97. Mbak kalau gk punya sertifikat komputer bisa ngak mbak?

    ReplyDelete
  98. Mbak kalo berat badan pengaruh ga.. Misal tinggi 155cm dan bbnya 60kg..apa bisa lulus seleksi...

    ReplyDelete
  99. Halo bu , saya mau melamar jadi sipir penjara tahun ini tapi Ijazah saya belum keluar dari sekolah (katanya se-Jawa Barat belum keluar) apa bisa hanya menyertakan foto copy transkip nilai untuk pengganti Ijazah & STTB di berkas lamaran ?

    Terima kasih mohon maaf bisa ada salah kata :)

    ReplyDelete
  100. Halo kak, saya mau melamar jadi sipir penjara tahun ini tapi Ijazah saya belum keluar dari sekolah (katanya se-Jawa Barat belum keluar) apa bisa hanya menyertakan foto copy transkip nilai untuk pengganti Ijazah & STTB untuk berkas lamarannya ?

    Mohon maaf bila ada salah kata, mohon dibalas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa, harus ijazah ya, pendaftaran sampai tgl 26 agustus kok

      Delete
  101. Kalo giginy gak rapih gimana kak??

    ReplyDelete
  102. Halo kak, sy mau mndaftar sbagai sipir otomatis yg kta gunakan ijazah SMA. Sy sdh punya sertifikat komputer tapi itu sya dapatkan dari kampus tempat sy kuliah dlu bukan lembaga kursus. Apakah bisa di gunakan?? soalnya yg mengeluarkan pihak universitas t4 sy kuliah dlu.

    ReplyDelete
  103. Halo kak, sy mau dftar sipir dan saat ini sya sdh menyelesaikan s1 krn jurusan sy ndk ada utk s1 akhirnya sy menggunakan ijazah SMA ..apakh bisa? N bisakah sy menggunakan sertifikat komputer yg di keluarkan dri pihak universitas sy sewaktu kuliah?

    ReplyDelete
  104. Kak, misal nih nama di ijazah sama ktp beda. Nanti jadi masalah gak ya? Namaku di ijazah lengkap gtu, tp di ktp ada yg disingkat jadi 1 huruf aja di nama belakang. Dinda Monicha Sabrina di ijazah, di ktp cuma Dinda Monicha S gtu, soalnya ikutin KK, KK aku kaya gtu namanya kak.

    ReplyDelete
  105. minta link contoh soal CAT dong...

    ReplyDelete
  106. halo mba.. selamat malam
    saya mau tanya nih beberapa pertanyaan maaf banyak bertanya..
    1. berkas berkasnya dipakai'in map gak? atau tidak pas naroh didalam amplop coklatnya??
    2. kalau fotokopi itu dilegalisir juga gak?? macam fotokopi ktp harus dilegalisir gitu
    3. Ijazah SMA ama Transkrip Nilai SMA di pisahin ya kertasnya? bukan timbal balik?

    terima kasih.. maaf banyak bertanya :)

    ReplyDelete
  107. heei kak,, blog nya bagus bgt buat informasi

    ReplyDelete
  108. mbak mau tanya.. udah diterima di lapas.. tapi misal belum pengangkatan PNS gajinya berapa ?
    terima kasih
    mohon di balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih 80% dari lima juta, fokus tes aja dulu

      Delete
  109. Mba test formasi sipir lulusan SMA di kemenkumham apa ada tes b inggris ny? Kebetulan saya lemah d bhs inggris. Trimakasih

    ReplyDelete
  110. Kak untuk tes skb itu materinya tentang apa saja ya

    ReplyDelete
  111. Nilai rata rata ijazah ku 6,9 :'(
    Itu serius enggak bisa yaaa?

    ReplyDelete
  112. mba kalo tahun ini gagal , untuk tahun berikutnya bisa daftar lagi gak sih ?

    ReplyDelete
  113. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  114. Mba.. saya kirim berkas tidak pakai map hanya dijepit saja berkasnya di masukan amplop cokelat.. apakah bisa gugur seleksi administrasi?

    ReplyDelete
  115. kak tanya dong.. saya minder di tes fisik kaya lari dll.. soalnya badan saya agak gemuk.. saya lemah di push up dll.. apakah bisa lolos ya :(

    ReplyDelete
  116. kak mau tanya klo badan agak gemuk gimana ya.. apakah harus ideal??. saya lemah di push up dan lari

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyakin latihan ya, fokus dulu di tes adm dan CAT karena ini sistem gugur, sedangkan tes fisik itu tahap terakhir

      Delete
  117. Kak,larinya boleh dijeda dengan jalan atau harus full lari kak ?

    ReplyDelete
  118. Mba itu tes tato nya bener2 telanjang atas bawah ya mba? Atau atasan aja apa gimana

    ReplyDelete

Jalan-jalan ke rumah caca, mampir sebentar beli kedondong, jangan cuma dibaca, kasih komentar juga dong.